Civitas Idaqu

Menguasai teori dan pemikiran serta temuan di bidang ilmu Al-Quran dan tafsir untuk memanfaatkan penemuan ilmu pengetahuan modern dan IT, memperkaya wawasan di bidang kajian Al-Qur’an dan tafsir, serta mengkomunikasikan pesan Al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat.

Nama Program Studi:Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT)
Ketua Program Studi:Khoirun Nidhom, Lc. M.A.
Sekretaris Program Studi:Jaka Ghianovan, S.Th.I, M.Ag
Alamat:Jl.Cipondoh Makmur, RT 003 RW 009, Kec. Cipondoh- Kota Tangerang-Banten 15148

Nomor Telepon:(021) 2789 9696
Email:iat.idaqu@gmail.com
Laman Web:http://iat.idaqu.ac.id
Bidang Ilmu:Studi Al-Quran dan Tafsir
Gelar yang Diberikan:S.Ag

	Khoirun Nidhom, Lc., M.A
Nama : Khoirun Nidhom, Lc., M.A.
Jabatan : Kepala Program Studi Ilmu Quran dan Tafsir
S1 : LIPIA
S2 : King Saud University

Jaka Ghianovan, S.Th.I, M.Ag
Nama : Jaka Ghianovan, S.Th.I, M.Ag
Jabatan : Sekretaris Program Studi Ilmu Quran dan Tafsir
S1 : UIN Sunan Ampel Surabaya
S2 : UIN Sunan Ampel Surabaya

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam pengkajian ilmu Quran dan Tafsir melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian di Tangerang pada tahun 2023”.

Misi

  1. Mendalami ilmu Al-Qur’an dan Tafsir melalui pendidikan yang berkualitas.
  2. Memperluas dan memperdalam pemahaman terhadap Islam dengan memahami ilmu Al-Qur’an, metode tafsir, dan penafsiran Al-Qur’an, sebagai bentuk kegiatan penelitian.
  3. Mengembangkan pengetahuan dasar Ushuluddin untuk menegaskan dan meyakinkan kebenaran Islam dalam ilmu-ilmu Al-Qur’an, metode tafsir, dan penafsiran Al-Qur’an yang beragam di dalam masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku yang baik untuk menunjang pelaksanaan tugasnya sebagai Sarjana Tafsir al-Qur’an.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam bidang ilmu-ilmu al-Qur’an dan Tafsir.
  3. Menghasilkan peneliti-peneliti yang memberikan kontribusi dalam penyelesaian berbagai persoalan yang terjadi dalam masyarakat, baik secara teoritis maupun praktis.

Profil Lulusan

  1. Penafsir Pemula
  2. Akademisi bidang Al-Qur`an dan Tafsir
  3. Asisten Peneliti dan Pengkaji bidang Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
  4. Tenaga Pengajar
  5. Praktisi Sosial Keagamaan
  6. Konsultan/Penyuluh bidang agama islam

KATA SAMBUTAN PRODI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat datang di website Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Daarul Qur’an Jakarta.

Dengan adanya website ini, kami ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir mempunyai keunggulan tersendiri di bidang ilmu-ilmu Al-Qurán, metodologi penafsirannnya, dan tantangan yang dihadapinya.
Penguasaan ilmu-ilmu Al-Qurán sangat penting, utamanya untuk menjelaskan kedudukan Al-Qurán sebagai wahyu Allah yang otentik. Penguasaan metodologi penafsiran juga sangat diperlukan untuk menfungsikan Al-Qurán sebagai petunjuk guna menyelesaikan persoalan-persoalan keilmuan maupun kemasyarakatan dalam Islam, disamping itu juga berfungsi membentuk generasi robbani yang berjiwa enterpreneur dan berkarakter Qur’ani, sesuai dengan visi dan misi kami, menjadi program studi yang unggul dalam bidang pengkajian ilmu Quran dan Tafsir melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur’an.

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaaat dan menjawab keingintahuan masyarakat tentang Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Daarul Qur’an.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
Khoirun Nidhom, Lc,.MA