Fakultas Ushuludin memiliki 2 Program Studi, diantaranya:

1. Ilmu Quran dan Tafsir

2. Ilmu Hadits

Dekan Fakultas Ushuludin Institut Daarul Qur’an

Mohammad Mualli, Lc, M.A

Nama : Mohammad Mualli, Lc, M.A
jabatan : Dekan Fakultas Ushuludin
S1 : Al Azhar University
S2 : IIQ Jakarta

KATA SAMBUTAN PRODI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah, Dzat yang Maha Pengasih dan Penyayang, sholawat dan salam tercurah timpahkan kepada baginda nabi besar Muhammad saw, yang selalu kita jadikan pijakan dalam kehidupan.

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kehidupan era ini, termasuk juga bagi civitas akademika Institut Daarul Qur’an, maka dengan ini fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an mencoba menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan website ini, sebagai bagian informasi yang diperlukan bagi siapa saja yang hendak mengerti.

Perkembangan dunia penafsiran Alquran dan segala keilmuan yang terkait, memang perlu diperluas dan dipermudah jangkauannya kepada masyarakat, agar masyarakat tidak terjebak dalam ruang kerancuan informasi yang begitu derasnya.

Tak luput juga pembahasan dalam dunia pemahaman Hadits nabi Muhammad saw, juga perlu diperluas dan dipermudah, agar masyarakat tidak mudah terhasut oleh potongan-potongan hadits dan menjadikan kegaduhan di masyarakat.

Ulama tafsir dan ulama hadits, adalah ulama yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan, untuk menjawab segala tantangan zaman, maka jadilah ulama, atau belajarlah kepada ulama, dan jangan sampai tidak menjadi keduanya, maka akan menjadi buih di lautan kehidupan.

Semoga Fakultas Ushuluddin dapat membantu anda, menjawab tantangan dunia masi kini dan masa depan.

Wassalamualaikum Wr wb

Mohamad Mualim
7 Juli 2020