Visi:

Menjadi program pemberdayaan mahasiswa unggul yang berkarakter Qur’ani serta berwawasan global dan bermanfaat bagi ummat

Misi:
  1. Melaksanakan pembelajaran berbasis Daqu Method dalam tradisi pesantren dengan metodologi kajian komprehensif, integratif dan aplikatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan beragama.
  2. Melaksanakan pembelajaran pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan teoritis-praktis dan pengabdian masyarakat secara umum.
  3. Melaksanakan pembelajaran tahsin tilawah Al-Qur’an dalam program tahfizh mahasiswa secara intensif dan bersanad.
  4. Melaksanakan dan membudayakan keterampilan berbahasa Asing (Arab-Inggris) dengan model Language Zone dan Language Time.
Tujuan:

Pesantren Qubah Mahasiswa Institut Daarul Quran bertujuan memberdayakan dan membina generasi muda mahasiswa dalam meningkatkan ketaqwaan terhadap tuntunan Agama dan kecakapan hidup dalam pemberdayaan masyarakat luas dengan dibekali keilmuwan dari Al-Quran dan Hadis sebagai sumber ilmu, juga dari bidang enterpreneurship dan keterampilan praktis dalam pemberdayaan masyarakat, keterampilan menulis, membaca serta berbicara bahasa asing. Tujuan program tersebut diantaranya:

  1. Membentuk pribadi mahasiswa yang memiliki aqidah yang lurus, ibadah yang benar, akhlak yang mulia serta menguasai ilmu dasar-dasar syar’i yang cukup sebagai bekal pokok kehidupan.
  2. Membentuk mahasiswa yang memiliki kecerdasan yang komperhensif, baik kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emotional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) maupun kecerdasan sosial (ScQ).
  3. Mengkader generasi muda/mahasiswa sebagai agent of change sekaligus mengkader calon Da’i/ah Rabbani yang penuh kemanfaatan bagi lingkungan, keluarga, kampus dan masyarakat sesuai bidang dan minatnya masing-masing.
  4. Membina dan meningkatkan kemampuan membaca/menulis Al-Quran.
  5. Membina dan memantapkan akhlaqul karimah serta menumbuhkan kreatifitas dan jiwa kemandirian.

Menanamkan suasana silaturahim antar mahasiswa dari berbagai fakultas dan disiplin ilmu.