Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

            Maha Suci Allah yang telah memberikan kenikmatan kepada kita semua. Semoga siapapun yang pernah, yang sudah, yang akan tersambung dan terhubung dengan Daarul Qur’an senantiasa Allah anugerahkan kemuliaan, keberkahan serta kesuksesan. Aamiin.

            Alhamdulillah atas izin Allah, Pesantren Mahasisawa Qubah IDAQU mulai kami buka pendaftarannya. Berawal dari banyaknya permintaan para mahasiswa yang mau lebih fokus belajar di Idaqu dan menghafal Al-Qur’an dengan durasi waktu yang lebih optimal, serta ingin berada di lingkungan yang terjaga, baik dan kondusif untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an, maka sejak awal pendirian Idaqu direncanakan, sudah dimulai sistem asrama yang ditempati oleh sejumlah mahasiswa yang berdatangan dari berbagai macam daerah dan latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas. Program yang berjalan di asrama pun kami susun sedemikian rupa untuk mendukung pembentukan karakter mahasiswa.

            Seiring waktu berjalan, dan dengan bertambahnya minat mahasiswa untuk berada di asrama, maka kami beserta para Dewan Rektorat Institut Daarul Qur’an memutuskan untuk membuka Pesantren Mahasiswa, diawali dengan pendirian asrama di area kampus yang cukup luas, serta berdampingan dengan bangunan kelas, dan juga diharapkan juga dapat menghidupkan miliu ibadah di Masjid kampus yang baru diresmikan oleh Duta Besar Arab Saudi, pada tanggal 5 maret 2020, bertepatan dengan diberikannya izin resmi pendirian IDAQU oleh Menteri Agama RI.

            Institut Daarul Qur’an mengedepankan Al-Qur’an dan Daqu Method sebagai ciri khas, dan Pesantren Mahasiswa Qubah IDAQU ini akan melengkapi khazanah keilmuwan mahasiswa dengan konsentrasi lebih kepada membelajaran, tahsin tilwah, menghafal Al-Qur’an dan juga mendalami Bahasa Asing, dalam hal ini Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan ada tambahan juga yaitu Bahasa Mandarin.

            Semoga kehadiran Pesantren Mahasiswa Qubah IDAQU ini, dapat memberi kontribusi positif untuk Indonesia dan dunia dalam ikhtiar mencetak pendidik, pemimpin dan entrepreneur yang berkarakter Qur’ani, berwawasan global dan berpengetahuan luas.

            Terima kasih kepada semua pihak yang memberi dukungan, khususnya kepada Pemimpin Umum Daarul Qur’an yaitu guru kami KH. Yusuf Mansur, dan seluruh pengurus serta keluarga besar Daarul Qur’an, juga seluruh Stake Holder sehingga Insititut Daarul Qur’an dapat berdiri dan memberi manfaat untuk umat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhH. Muhammad Anwar Sani, S. Sos., M. E