Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

All thanks to Allah SWT the Almighty, the Most Merciful and Beneficent. Due to His mercy and blessings this program could be published.

Pesantren Qubah Mahasiswa Idaqu merupakan wadah pembinaan karakter pribadi muslim secara menyeluruh. Ciri khusus dari Pesantren Qubah Mahasiswa ini adalah pada pembelajaran Qur’an dan Bahasa (Qubah). Program Pesantren Qubah Mahasiswa Idaqu merupakan program pesantren mukim selama tiga tahun bagi mahasiswa-mahasiswi yang sedang kuliah di Institut Daarul Qur’an. Kegiatan pesantren berupa pembinaan keagamaan mulai dari peningkatan pemahaman, penanaman sikap, sampai karakter dan aktualisasi dalam aktifitas keseharian. Dengan program tersebut diharapkan akan manjadi nilai tambahan dan  dapat ditanamkan nilai-nilai dasar islam yang akan terus mewarnai setiap lulusan mahasiswa yang tinggal di pesantren Qubah Mahasiswa Idaqu.

Pesantren mahasiswa menjadi salah satu pilihan bagi para orang tua untuk memberikan pendidikan yang komprehensif bagi anak-anaknya yang mulai menginjak dewasa. Pesantren ini juga menjadi pilihan bagi lulusan SMA yang mencari lingkungan belajar kondusif saat jauh dari pantauan orang tua.

Pesantren Mahasiswa Qubah Idaqu menjadi salah satu unit penunjang di Institut Daarul Qur’an, yang semua kebijakannya dikelola oleh Institusi. Mahasiswa yang dapat mengikuti Program Pesantren Qubah adalah mahasiswa internal Institut Daarul Qur’an. Manajemen waktu yang diatur di pesantren mahasiswa menekankan materi pesantren pada pagi, sore, dan malam, sementara siang hingga sore hari digunakan untuk berkegiatan di kampus.

Materi yang disampaikan berupa materi keagamaan. Para mahasiswa diajak untuk membaca dan memperdalam Alquran dan hadis, belajar bahasa Arab, nahwu, shorof, tajwid, fikih, akidah, akhlak, dan sebagainya. Namun, yang terpenting adalah pembejaran Tahfizh Al-Qur’an yang menjadi ciri khas dari Institut Daarul Qur’an.

Pesantren Qubah Mahasiswa Idaqu diharapkan dapat menjadi acuan bagi siapapun yang akan memilih jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi dengan lingkungan yang kondusif dan Islami.

Wassalam

Penanggung Jawab Pesantren Mahasiswa Qubah Idaqu

Rina Susanti Abidin Bahren, S. H. I., M. A.