Rasio Dosen Idaqu Siap Mengajar 1800 Mahasiswa

dosen idaqu

Pernahkah kamu memperhatikan rasio jumlah dosen dengan mahasiswa yang ada di dalam kampusmu atau kampus lain? Menurut Undang-undang Pendidikan Tinggi Nomor 12/2012 serta Peraturan Pemerintah Nomor 4/2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi, menegaskan bahwa rasio dosen terhadap mahasiswa ideal, yakni 1:20 untuk eksakta dan 1:30 untuk ilmu sosial.

Jumlah tersebut merupakan jumlah yang ideal menurut pemerintah agar mengurangi beban kerja dosen dalam mengajar mahasiswa. Rasio ini sangat penting untuk dilakukan, sebab apabila rasio dosen dan mahasiswa terlalu jauh akan mengakibatkan turunnya kualitas pendidikan di kampus tersebut.

Jika rasio sudah ideal maka akan ada manfaat yang bisa didapatkan oleh dosen, mahasiswa maupun perguruan tinggi itu sendiri. Berikut manfaatnya :

1. Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa

Dengan jumlah rasio yang ideal, dosen bisa lebih fokus dan paham karakteristik mahasiswanya di kelas. Dosen tidak akan kesulitan dalam mengetahui progres dan tingkat pemahaman mahasiswa. Hal ini akan memudahkan dosen dalam menentukan metode pembelajaran dan bisa memaksimalkan transfer ilmu dari dosen kepada mahasiswa.

2. Memudahkan Dosen Melakukan Monitoring

Jumlah mahasiswa yang banyak dapat membuat dosen kehilangan fokus, sulit untuk mengingat mahasiswa mana yang membutuhkan bantuan dan mahasiswa mana yang sudah mandiri. 

3. Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa

Jika kegiatan belajar mengajar sudah maksimal, maka secara otomatis hal ini akan meningkatkan prestasi akademik. Dengan begitu para mahasiswa akan bisa berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

Berikut manfaat yang bisa dicapai dengan adanya rasio ideal antara dosen dengan mahasiswa. Di Institut Daarul Qur’an jumlah dosen tetap yang ada berjumlah 60 dosen, apabila menghitung rasio ideal dosen dengan mahasiswa maka sekarang Idaqu siap menampung hingga 1.800 mahasiswa. Tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu saat ini klik pmb.idaqu.ac.id.