Membangun Generasi Muda, Idaqu Gandeng IAIN Palangkaraya Gelar Webinar Nasional

Idaqu Gandeng IAIN Palangkaraya Gelar Webinar Nasional

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Daarul Qur’an Jakarta berkolaborasi dengan Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya untuk mengadakan Webinar Nasional dengan tema “Pemuda Agen Perubahan (Refleksi Kisah Ashabul Kahfi).

Acara ini digelar secara daring melalui media Zoom Meeting pada Rabu (2/11). Kegiatan ini menghadirkan Mohamad Mualim, Lc., M.A. Dekan Fakultas Ushuluddin Idaqu, Dr. Desy Erawati, M.Ag. Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Palangkaraya, Dr. Taufiq Warman, Lc., M.Th.I, Dosen Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palangkaraya dan Jaka Ghianovan, M.Ag. Dosen Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Daarul Qur’an Jakarta.

Webinar Nasional Pemuda Agen Perubahan dilaksanakan sebagai bagian dari upaya untuk menyadarkan para generasi muda, bahwasanya mereka adalah agen perubahan sesungguhnya.

“Di Indonesia adalah negara yang diisi dengan sangat banyak ragam model, suku dan bahasa yang mana itu dikemas dalam satu kesatuan dengan Sumpah Pemuda,” ujar Dekan Ushuluddin Idaqu, Mualim ketika memberikan sambutan.

“Kita harus menghargai para pemuda di masa itu, yang punya gagasan luar biasa, sehingga kita saat ini memiliki satu bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Ini adalah satu contoh kekuatan pemuda yang nyata hasilnya, maka dari itu seminar kali ini sangat sesuai untuk mematik api semangat pemuda Indonesia,” terang Mualim.

Sementara itu Dr. Desy menjelaskan bahwa pemuda adalah masa depan Indonesia. “Indonesia saat ini adalah Indonesia menuju generasi Emas tahun 2045. Yang mana menurut Menko PMK para generasi-generasi muda saat ini untuk memenuhi 5 C,” ucapnya.

“Yakni, critical thinking, creativity and innovation, communication skill, collaboration dan confidence. Inilah yang harus kita siapkan untuk para pemuda kita atau generasi muda Indonesia,” lanjut Dr. Desy.

Lewat kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya para Mahasiswa dapat terinspirasi dan termotivasi untuk terus mengembangkan diri untuk menjadi pribadi tangguh, unggul, dan berkarakter.

Siaran ulang Webinar Nasional ini bisa di akses di channel youtube Institut Daqu

15 Views_