Rayakan Milad ke-3, UKM Mapala Gelar Donor Darah dan Seminar Lingkungan Hidup

Milad ke-3 Mapala

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Dew Equator bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang untuk melaksanakan donor darah di lingkungan Institut Daarul Qur’an Jakarta, Senin (31/10).

Donor darah merupakan kegiatan dimana seseorang memberikan darahnya secara sukarela kepada orang lain yang membutuhkan, menurut World Health Organization (WHO) kebutuhan darah minimal 2% dari total jumlah penduduk. Adapun jumlah penduduk Indonesia di tahun 2021 sekitar 276,4 Juta maka 2% dari angka tersebut adalah 5.528 ribu, namun hingga saat ini angka kebutuhan darah tersebut masih belum terpenuhi.

Donor darah diadakan dalam rangka merayakan milad ke 3 sekaligus bakti Mapala Dew Equator kepada negeri. Donor darah ini diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen dan staff Idaqu, sampai masyarakat sekitar.

Kegiatan donor darah ini dimulai dengan pendaftaran yang berupa pengisian data diri peserta pendonor, lalu dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh pendonor.

Setelah itu para peserta yang dinyatakan sehat untuk melaksanakan donor darah membuat antrian untuk menunggu gilirannya. Setelah selesai mendonorkan darahnya, para pendonor mendapat bingkisan yang berupa makanan ringan dan dianjurkan untuk beristirahat selama 10 menit.

Selain menggelar Donor Darah Mapala juga mengadakan Seminar Lingkungan Hidup dan Hidroponik yang digelar di Aula ruang Kelas Idaqu, dengan tema “Hijaukan Lingkungan Manfaatkan Lahan dengan Tanaman Hidroponik”. Sebagai pemateri hadir Bapak Teguh Suripto, seorang pakar tentang lingkungan hidup dan Bapak Hamdi Kusuma, Spesialis tanaman Hidroponik.

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Dalam seminar kali ini Hamdi mengajak teman-teman peserta untuk praktek langsung menanam Hidroponik.

Semoga dengan adanya acara kali ini, Mapala Dew Equator bisa menyebarkan rasa cinta kepada alam. Hingga bisa memberikan dukungan moril untuk mahasiswa Idaqu agar semakin mencintai alam dan lingkungan sekitar.

17 Views_