Mahasiswa Idaqu Terima Materi Jurnalistik dari MNC Portal Goes to Campus

MNC Portal Goes to Campus Idaqu

Ratusan mahasiswa Institut Daarul Qur’an Jakarta menerima pembelajaran tentang jurnalistik dari MNC Portal Goes to Campus. Program MNC Portal Goes to Campus (MGTC) kembali hadir untuk mengedukasi para mahasiswa yang kebetulan pada Kamis (27/10) digelar di Institut Daarul Qur’an Jakarta (Idaqu).

Mahasiswa Idaqu pun sangat antusias dalam mengikuti acara yang diselenggarakan oleh celebrities.id dengan tema “Memahami Jurnalistik di Era Digital”. Para mahasiswa mendapatkan banyak hal baru dengan kehadiran narasumber profesional, yakni Gumanti, S.Sos selaku Kepala Biro Kominfo Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an dan Wahyu Triyogo selaku Produser Eksekutif Multimedia MPI di sesi pertama.

Selain dua narasumber turut hadir pula Danar Widianto sebagai juara ketiga X Factor Indonesia musim ketiga dan Tuty Ocktaviany selaku Pemimpin Redaksi celebrities.id.

Acara dibuka dengan sambutan dari Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Ustadz Yusuf Mansur S.H.I, M.E. dan Rektor Idaqu, Dr. Muhammad Anwar Sani, S.Sos.I., M.E. dan Direktur Pemberitaan MNC Portal Indonesia, Yadi Hendriana.

Masuk ke Inti acara sesuai dengan tema yang diangkat, “Memahami Jurnalistik di Era Digital” memang sangat penting saat ini. Sebab, era digital yang semakin berkembang ini tidak lepas dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu merubah pemahaman orang perihal jurnalisme. Bahkan, banyak bermunculan jurnalisme instan yang diiringi dengan maraknya informasi hoax.

Ada beberapa pendapat umum, cukup dengan menekan layar gawai ditambah kutipan informasi seseorang sudah dianggap jurnalis. Padahal, banyak parameter yang wajib dipenuhi seseorang sebelum menjadi jurnalis digital, misalnya kemampuan untuk menerjemahkan dan mempraktikkan rumus 5W +1H. Tidak kalah penting, berita yang dibuat juga harus sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.

Selain itu, menganalisis nilai berita, mulai faktual, magnitude, dampak, unik, prominence, human interest, informatif dan sebagainya. Artinya, dengan menerapkan nilai-nilai dasar tersebut, maka sebuah informasi sudah layak disuguhkan pada khalayak.

Salah satu mahasiswa Idaqu, Brian mengatakan “MNC Goes to Campus mantap lah, apalagi mengusung tema digital. Kita sebagai mahasiswa harus lebih aware lagi terhadap berita-berita yang kita ambil.”

Ia mengaku dengan adanya acara ini membuatnya semakin berhati-hati dalam memilah dan memilih dalam mengambil berita yang bertebaran di media sosial.

Nazwa, mahasiswi dari prodi Manajemen Bisnis Syariah di Institut Daarul Qur’an mengaku sangat menikmati acara MNC Portal Goes to Campus yang diselenggarakan celebrities.id. Dia merasa mendapat wawasan luas dari narasumber yang hebat dan berkompeten.

“Masyaallah acaranya benar-benar meriah, banyak pembicara yang sangat berkompeten, bintang tamunya juga keren banget,” tutur Nazwa.

Menurut Nazwa, adanya program MNC Portal Goes to Campus dapat memberikan wawasan baru terhadap anak muda, khususnya dalam bidang jurnalistik.

“Kebanyakan orang menganggap jurnalistik itu-itu aja, tapi dengan adanya acara ini datang ke kampus membuka wawasan saya bahwa jurnalistik itu banyak ilmu menarik lainnya yang sangat menyenangkan,” tuturnya.

Brian dan Nazwa berharap MNC Portal Goes to Campus dapat terus berjalan dan bisa membantu para anak muda untuk lebih bijak dalam mengolah dan mengkonsumsi informasi di era digital saat ini.

Sumber : celebrities.id

18 Views_