Dua Program Studi Paling Favorit di Institut Daarul Qur’an

dua prodi favorit idaqu

“Jurusan mana yang cocok untuk saya?” pertanyaan ini seringkali terbesit di hati kita. Sebagai calon mahasiswa baru yang sudah lulus SMA, SMK atau MA atau masih sekolah terkadang kita dibingungkan dengan pertanyaan yang tadi. Bagaimana proses kuliahnya? Apakah akan sesuai dengan bakat dan minat kita? 

Sebagian dari kita mungkin sudah memilih jurusan yang diinginkan, tapi sebagian dari kita juga ada yang masih belum menentukan jurusan apa yang diambil. Daripada ambil pusing yuk coba kita berkenalan dengan dua program studi yang paling favorit di Idaqu :

1. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) ini merupakan salah satu prodi terfavorit. Salah satu alasannya adalah banyak lulusan-lulusan pesantren yang merasa cocok dengan prodi IAT, terutama yang sudah pernah menghafal Al-Qur’an atau ingin memperdalam pemahaman tentang Al-Qur’an.

Prodi ini akan mempelajari teori dan pemikiran serta temuan di bidang Al-Qur’an dan Tafsir untuk dikombinasikan dengan ilmu pengetahuan modern sehingga memperkaya wawasan di bidang kajian Al-Qur’an dan tafsir, serta mengkomunikasikan pesan Al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat. Jadi jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan ahli dibidang Al-Qur’an dan tafsir yang profesional, moderat, kompeten serta berakhlak mulia. 

Adapun lulusan prodi IAT diharapkan agar bisa menjadi seorang penafsir pemula, akademisi atau peneliti di bidang Al-Qur’an dan tafsir, muballigh, praktisi keagamaan, Konsultan atau penyuluh agama islam.

2. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Alasan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) termasuk dalam prodi favorit ialah prodi ini memiliki prospek yang sangat bagus dan luas di segala bidang usaha maupun kerja. Prodi MBS merupakan program studi yang menawarkan kepada mahasiswanya untuk mengembangkan passion dalam bisnis dan keuangan syariah.

Disini mahasiswa akan diajari tentang entrepreneurship dan pengelolaan bisnis syariah, baik secara teori maupun praktek. Mahasiswa diharapkan bisa membaca peluang dan mengendalikan bisnis secara personal maupun kelompok.

Profil lulusan yang diharapkan adalah manajer, wirausahawan, investor syariah, bekerja di bidang finance, marketing, production dan perbankan syariah. 

Selain dua program studi favorit tersebut, di Idaqu ada empat prodi lainnya, yakni:

1. Program Studi Ilmu Hadis (IH)

Prodi Ilmu Hadis ini bergandengan dengan Prodi IAT di dalam Fakultas Ushuluddin Idaqu. Prodi ini bertujuan untuk menghayati nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan di tengah masyarakat. Nantinya mahasiswa akan diajari tentang qowadul hadis, ilmu jarh wa ta’dil, kajian teks hadis, ilmu rajalil hadis, ilmu ma’anil hadis, ulumul hadis, tahfidz hadis, siroh nabawiyah, manahijul muhaddisin, ilmu takhrijul hadis, hingga metodologi penelitian hadis.

2. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Program studi ini disiapkan untuk mendidik calon guru pada tingkat dasar atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Disini mahasiswa akan dilatih untuk menjadi seorang guru yang bisa menyebarkan energi positif kepada peserta didiknya. Selain menjadi guru, mahasiswa juga akan dibekali dengan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengajar.

3. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)

Prodi BKPI adalah jurusan yang mempelajari ilmu pendidikan, yang berhubungan dengan cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik yang terintegrasi dengan nilai keislaman. Prodi BKPI ini akan menghasilkan calon guru BK, asisten konsultan, peneliti, dan entrepreneur BK, yang akan memberikan pelayanan kepada peserta didik di berbagai jenis pendidikan, dan masyarakat.

4. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Prodi HES ini bertujuan untuk memperdalam keilmuan khususnya dalam ilmu hukum islam (Fiqih) dan hukum positif. Mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi sebagai konsultan hukum di lembaga keuangan baik lembaga keuangan konvensional maupun lembaga keuangan syari’ah.

Itulah daftar prodi yang ada di Institut Daarul Qur’an Jakarta. Sekarang Idaqu telah membuka pendaftaran gelombang III, disini kamu bisa kuliah sambil kerja, bisnis, dakwah, ngajar atau aktifitas lainnya. Ayo daftar ke Idaqu sekarang, Klik pmb.idaqu.ac.id.