Tips Atur Uang THR Agar Tidak Konsumtif

mengatur thr

Momen Ramadan dan Lebaran Idul Fitri sudah menjadi kegembiraan bagi para umat muslim, apalagi ditambah dengan mendapat uang THR (Tunjangan Hari Raya). Mulai dari THR dari perusahaan, THR dari orang tua sampai THR dari cashback pembelian online.

Banyaknya THR terkadang membuat kita terlena, membeli barang-barang yang diinginkan, bahkan sampai menimbulkan sifat konsumtif. Mengelola THR merupakan hal yang lumayan sulit, kamu harus tau apa yang harus dijadikan prioritas.

Nah kali ini admin akan membagikan cara mengatur THR agar kamu tidak terjerumus dalam pemborosan:

1. Membuat Catatan Keuangan

Mencatat jumlah THR yang kamu terima dan catat berapa jumlah uang yang kamu miliki di luar THR. Setelah kamu pisahkan, mulai tentukan tujuan dari penggunaan uang tersebut sebaiknya kamu sisihkan uang THR untuk dana darurat atau ditabung.

2. Utamakan Kebutuhan

Membeli pakaian baru untuk lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia, apabila kamu merasa masih belum membutuhkan pakaian baru ada baiknya kamu utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Akan lebih baik kalau kamu sudah menentukan kebutuhan prioritas yang menggunakan uang THR.

3.Sisihkan untuk Zakat dan Sedekah

Jangan lupa sebagai umat muslim kita memiliki kewajiban untuk berbagi. Kamu bisa menyisihkan uang THR untuk sedekah agar THR kamu lebih berkah.

4. Investasi

Kalau kamu sudah mengenal apa itu  investasi, kamu bisa menggunakan uang THR sebagai modal dalam berinvestasi. Dengan demikian THR kamu juga bisa dirasakan manfaatnya dimasa depan. 

5. Gunakan untuk Dana Mudik

Lebaran 1443 H kali ini, pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya. Jika kamu melakukan mudik, maka uang THR juga akan bermanfaat kalau digunakan untuk dana mudik seperti biaya tiket, biaya BBM, oleh-oleh dan biaya lain-lain selama perjalanan.

6.Gunakan untuk Membayar Hutang (Jika Punya) 

Hukum membayar hutang adalah wajib, jika kamu memiliki hutang maka dana THR lebih baik digunakan untuk membayar atau mencicil hutang tersebut. 

7. Belanja sesuai Kemampuan

Setelah menggunakan THR untuk pengeluaran yang wajib, tidak ada salahnya kalau kamu menggunakan uang THR sebagai Healing atau Self-Reward. Namun perlu digaris bawahi agar tidak secara berlebihan dalam membelanjakan uang THR.

Nah itulah tips mengelola THR yang harus kamu terapkan agar lebaran kamu tidak menjadi boros. Semoga dengan mengelola uang THR kita bisa tenang dan nyaman saat lebaran kali ini.