Cara Menghadapi Ujian dari Allah

ujian allah
42 Views_

Dalam menjalani hidup, Allah memberikan cobaan kepada manusia untuk menguji keimanan seseorang. Berbagai macam kegagalan dan kekalahan sangat dekat dengan kehidupan kita. 

Ujian-ujian tersebut adalah sebagai latihan bagi manusia untuk lebih ikhlas dalam menjalani takdir yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala tetapkan.

Dikutip dari beberapa sumber ada beberapa cara lapang dada agar bisa menghadapi ujian dari Allah, diantaranya:

  1. Mengingat Allah 

Ketika mengingat Allah, sebagai seorang hamba akan dilapangkan dadanya bahkan lebih lapang dari dunia dan seluruh yang ada didalamnya.

  1. Berdzikir

Hati yang berdzikir akan seolah ada nutrisi yang memberikan kehidupan ke seluruh tubuh, hingga akan terasa sangat ringan.

  1. Ridha dengan Qadha dan Qadar

Obat yang paling manjur ketika mengalami musibah adalah dengan ikhlas menerima ketetapan yang Allah berikan.

  1. Beramal Shalih

Berbuat baik bisa menerangi wajah seseorang dan merupakan sinar di dalam hatinya. Insya Allah kebaikan itu juga bisa melapangkan rezeki seseorang serta membuatnya dicintai.

  1. Meninggalkan Maksiat

Maksiat yang terus menerus dilakukan bisa saja menjadi sumber dari ujian yang Allah berikan, maka sebagai umat muslim haruslah menjauhi maksiat.

  1. Menerima atau Puas dengan Pemberian Allah

Apabila seorang hamba selalu tidak merasa puas maka dadanya akan terasa sempit, inilah alasan utama orang tidak bisa merasa lapang dada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *