5 Tips Menjawab Pertanyaan Ketika Presentasi

jawab presentasi
78 Views_

Sebagai seorang mahasiswa pasti kamu sudah pernah mendapatkan tugas untuk presentasi baik itu secara langsung di depan kelas maupun lewat daring. Terkadang presentasi saja sudah membuat kita pusing, apalagi ditambah sesi tanya jawab dengan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari audience. Hal ini biasanya merupakan sesi yang paling menegangkan ketika presentasi.

Kenapa sih kita sering kali tegang ketika dilempar pertanyaan? Alasannya simpel karena kita khawatir apabila tidak memiliki jawaban atas pertanyaannya. Namun apabila kamu bisa sukses melewati sesi tanya jawab dengan baik maka sesi ini bisa meningkatkan penilaian audience terhadap kamu.

Untuk berhasil melalui sesi tanya jawab dengan baik, ada 5 tips yang bisa kamu gunakan:

  1. Tanyakan Nama dan Asal

Jika kamu presentasi didepan teman sekelasmu mungkin ini boleh dilewati saja, tapi ketika mempresentasikan didepan umum kamu bisa mencoba untuk meminta mereka menyebutkan nama dan asalnya. Tujuannya agar kamu bisa lebih mengenal dan menyapa mereka ketika menjawab.

  1. Berterimakasih Pada Penanya

Kamu sebaiknya mengucapkan terimakasih kepada penanya karena ini mengartikan mereka benar-benar menyimak dan memikirkan apa yang kamu sampaikan. Meski demikian kamu tidak perlu menggunakan basa-basi seperti “pertanyaan yang sangat bagus” agar tidak berlebihan dalam memberikan pujian.

  1. Ulangi Pertanyaan Secara Singkat

Hal ini bertujuan untuk memastikan kembali apa yang ditanyakan oleh audiens sekaligus membuat jawaban yang kamu keluarkan nyambung dengan pertanyaan. 

  1. Jawab Pertanyaan Dengan Singkat dan Jelas

Jika kamu mengetahui jawaban pertanyaan, maka jawablah dengan singkat dan jelas, hal ini akan membuat kesan bahwa kamu benar-benar memahami materi yang kamu presentasikan.

  1. Jangan Buat Jawaban Bersifat Negatif

Hindari memberikan jawaban dengan kesan negatif atau menolak atas pertanyaan yang diberikan, ingat tidak semua orang suka dibantah secara terang-terangan. Jawablah dengan kesan yang positif misalnya: “Pada awalnya saya juga berpendapat demikian, namun ketika saya melakukan percobaan berkali-kali, ini lah yang saya dapatkan”. 

Jadi pada intinya saat kamu tahu jawaban dari pertanyaan cobalah fokus dan segera sampaikan jawaban yang jelas, tegas dan terarah. Tetap persiapkan diri untuk setiap kemungkinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *