Selamat Hari Guru Nasional “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”

Selamat Hari Guru 2021
54 Views_

25 November sudah menjadi salah satu hari penting dalam dunia pendidikan Indonesia, yaitu Hari Guru. Peringatan Hari Guru ini sendiri sudah disahkan melalui Keputusan Presiden no. 78 tahun 1994.

Tahun ini, Hari Guru Nasional 2021 bertemakan “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Pada pidatonya Bapak Nadiem Anwar Makarim menjelaskan bahwa kondisi pandemi ini sangat mempengaruhi kondisi para guru dari Sabang sampai Merauke baik secara ekonomi, kesehatan sampai batin.

“Guru mau tidak mau harus mendatangi rumah pelajar untuk memastikan mereka tidak ketinggalan pelajaran. Guru mau tidak mau harus mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal. Guru Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian dan kehilangan disiplin,” ucap Nadiem pada Rabu (24/11).

Nadiem menjelaskan banyak guru tidak hanya tertekan secara psikologis karena sistem Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ, tapi juga tertekan dengan ekonomi yang terus memburuk. Sangat wajar apabila para guru terdemotivasi, namun banyak juga guru-guru yang masih semangat dalam belajar dan mengajar bahkan sampai memuji dan mengkritik kebijakan pemerintah.

Dari situ Nadiem menyadari bahwa pandemi tidak menyurutkan semangat guru, tapi justru menyalakan obor perubahan. Guru-guru se-Indonesia berharap agar mendapat kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan. Para guru juga menginginkan akses teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis.

Semoga dengan adanya program “Merdeka Belajar” bisa menjadi sebuah gerakan masif yang dapat melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Dengan sosok guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *