4 Tips untuk Mahasiswa yang Kuliah Blended Learning

74 Views_

Sudah menjadi suatu rutinitas bagi mahasiswa di masa pandemi melakukan kuliah secara daring. Memang sudah ada di beberapa kampus sudah memperbolehkan mahasiswanya datang ke kelas, namun tetap saja kegiatan belajar mengajar masih mengandung Blended Learning atau Pembelajaran Campuran. 

Beberapa orang mungkin sudah bisa membiasakan diri dengan kuliah secara blended, namun masih ada kalanya muncul masalah-masalah selama belajar secara blended. Misal adanya miskomunikasi antara dosen dan mahasiswa. Berikut tips yang bisa dipraktekkan untuk memaksimalkan kuliah secara blended.

  1. Buat Jadwal yang Jelas

Tentukan jadwal yang jelas supaya tidak terjadi salah jadwal, misalnya sudah datang ke kampus, ternyata kuliahnya online atau daring. Jadi perjalanan dari rumah ke kampus terhitung sia-sia. Jangan lupa datang tepat waktu juga merupakan tanggung jawabmu dalam kuliah online. Boleh jadi ketika mendapat jadwal kuliah online kamu menyepelekannya.

  1. Jangan Menunda Tugas

Salah satu hal yang harus dihindari adalah menumpuk tugas. Sebisa mungkin kerjakan tugas setelah sholat subuh karena waktu pagi kondisi fisik kita masih segar apalagi selepas wudhu dan mandi. Sehingga kita bisa mengerjakan tugas dengan tenang dan semangat tanpa gangguan.

  1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Ketika kuliah di kampus, mahasiswa akan mendapatkan kursi dan meja yang nyaman untuk belajar. Namun ketika kuliah secara online mahasiswa kebanyakan belajar dengan posisi rebahan, posisi ini memang nyaman namun tidak untuk kondisi kuliah online.

  1. Beradaptasi dengan Sistem Blended

Mahasiswa yang sudah pernah merasakan kuliah biasa dan kuliah online, pasti lebih cepat beradaptasi dengan sistem baru ini. Dibanding mahasiswa baru yang belum merasakan kuliah di kampus. Bahkan masih banyak mahasiswa-mahasiswi yang belum pernah menginjakkan kaki di kampusnya sendiri.

Di tahun ajaran baru 2021/2022 di tengah kondisi pandemi COVID-19, Institut Daarul Qur’an Jakarta juga melaksanakan kegiatan perkuliahannya secara online yang dikombinasikan dengan kegiatan praktik tatap muka (blended learning). Tertarik dengan metode perkuliahan terbaru di Idaqu, yuk follow akun sosial media kita di @institutdaqu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *