K-POPers Cocoknya Pilih Jurusan Apa sih?

83 Views_

Memilih jurusan yang cocok di hati emang susah-susah gampang sih. Mirip kayak milih gebetan buat diajak naik ke pelaminan. Ada rasa ragu, khawatir, takut kalau pilihan tersebut gak cocok kedepannya. Bagi kamu yang punya hobi nonton Drama Korea atau dengerin musik K-POP, pastikan jangan salah pilih kampus ya. 

Menentukan jurusan, jangan mengedepankan emosi ya Sob. Mentang-mentang nge-fans sama Song Joong-Ki kamu jadi ikutan ambil jurusan Administrasi Bisnis yang boleh jadi ‘bukan kamu banget’. Btw kamu tau kan kalau Song Joong-Ki ketika kuliah di Sungkyunkwan University mengambil jurusan Administrasi Bisnis?. Maka hal yang bisa kamu lakukan sebelum milih kampus adalah ketahui dulu minat dan potensimu, baru kemudian tentukan jurusan kuliah yang sesuai.

Minat adalah kecenderungan hati kita terhadap sesuatu. Minatlah yang membuat kita tertarik pada tugas atau aktivitas tertentu. Bahkan kita cenderung senang dan menikmati mengerjakanya. Sementara bakat, merupakan kemampuan dasar yang membuat kita belajar dengan lebih mudah dan cepat.

Memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat itu penting banget, Sob. Bayangkan betapa tersiksanya kalau selama bertahun-tahun kita harus belajar, kuliah, mengerjakan tugas, bahkan mungkin praktik sampai bekerja pada suatu bidang ilmu yang kita enggak enjoy melakukannya. Udah gitu, kita mengerjakannya dengan susah payah, pula. Uh, enggak banget, deh.

Pada dasarnya, semua jurusan memiliki peluang sukses masing-masing. Meski begitu, kamu dapat mempertimbangkan jurusan yang kiranya bakal punya prospek karier yang menjanjikan di masa depan. Amati kondisi terkini dan sesuaikan dengan prospek karier yang tersedia sesuai program studi tersebut. Jika perlu, kamu pun dapat mempelajari pengalaman alumni dari jurusan yang hendak dipilih.

Misalnya saja, dengan melihat pertumbuhan bisnis digital yang kian berkembang, kamu dapat menyimpulkan bahwa sektor yang satu ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Dari situ, carilah beberapa bidang yang berkaitan dengan manajemen, bisnis, teknologi, dan sejenisnya.

Nah, kamu bisa merenungkan kembali dari awal. Apa saja yang menjadi minat, bakat, cita-cita, harapan orangtua, prospek kedepan, hingga karir yang ingin kamu capai. Berikan waktu untuk dirimu memikirkan semuanya dengan perlahan-lahan. Meski begitu, upayakan untuk tidak terpengaruh oleh orang lain, ya! Karena pada dasarnya, kamu yang lebih mengenal siapa dirimu dan apa yang kamu mau.

Balik pada pertanyaan awal, K-POPers Cocoknya Pilih Jurusan Apa sih?

Ya semua jurusan yang cocok buat kamu. Dan di Institut Daarul Qur’an, ada 6 jurusan yang bisa kamu pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *