Kisah Penyebaran Berita Proklamasi di Tahun 45

169 Views_

Sebentar lagi 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia, mari kita flashback sejenak melihat sejarah Proklamasi di Indonesia. Bangsa Indonesia bisa merdeka dengan keadaan yang kurang baik ditambah persiapan yang kurang matang, namun dengan semangat para pejuang Indonesia bisa memproklamasikan kemerdekaannya.

Waktu itu Jepang sudah kalah perang melawan Sekutu, sehingga terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia. Sebelum pasukan Sekutu datang maka para pejuang Indonesia menggunakan momen ini untuk menyatakan Proklamasi.

Hingga sampai pada tanggal 17 Agustus 1945, dipagi hari, Ir. Soekarno memberikan pidato lalu dilanjutkan dengan pembacaan proklamasi. Setelah pembacaan proklamasi dan proses pengambilan gambar, Bung Karno berpindah ke lapangan ikada (Ikatan Atletik Djakarta), disana terjadi pengumuman bahwa indonesia telah merdeka.

Tetapi berita proklamasi tidak langsung menyebar dengan mudah dan leluasa karena banyak media massa seperti radio dan koran masih diawasi oleh pihak jepang. Begitu kabar kemerdekaan Indonesia terdengar, para prajurit Jepang langsung menangkap para wartawan dan penyebar berita kemerdekaan Indonesia.

Namun ancaman tentara Jepang tidak mengendurkan keberanian para pejuang kemerdekaan, dalam hal ini adalah orang-orang yang berani menyerukan berita bahwa Indonesia telah merdeka. Ada banyak cara yang digunakan untuk menyebarkan berita ini.

Melalui para perantau yang pulang ke kampungnya untuk membawa kabar gembira ini hingga pada akhirnya berita kemerdekaan Indonesia tersebar dari mulut ke mulut. Media massa yang tidak takut dengan ancaman Jepang. Kiriman telegram gelap yang tidak diketahui pengirimnya, Surat kabar berisi proklamasi menggunakan bahasa jawa di Surabaya. Sampai pembacaan proklamasi kemerdekaan oleh DJa’far Brotoatmodjo dalam bahasa Madura yang disiarkan lewat radio domei. Telah berhasil menyebarkan berita kemerdekaan, sembari tetap mengelabui tentara Jepang yang ada saat itu.

Sumber : Jaka Ghianovan, S.Th.I. Dosen Idaqu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *