Dosen IDAQU Mendapat SK Inpassing dari KOPERTAIS I KEMENAG

2 Views

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kopertais I Kemenag per tanggal 15 Juli 2021, sebanyak 45 orang dosen Institut Daarul Qur’an (Idaqu) resmi mendapat Inpassing pangkat dosen bukan PNS. Inpassing pangkat dosen bukan PNS merupakan penyetaraan pangkat untuk dosen bukan PNS yang telah memiliki jabatan akademik setara pangkat dosen PNS. Ketetapan itu tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 20 tahun 2008.

Untuk memperoleh keputusan tersebut bukan perkara yang mudah. Beberapa kriteria harus dipenuhi para dosen, di antaranya harus memiliki kualifikasi akademik minimum yang diperoleh melalui pendidikan tinggi terakreditasi sesuai bidang keahliannya serta menduduki jenjang jabatan akademik berdasarkan keputusan pejabat yang berwenang. Ini juga disertai persyaratan rincian dari dua poin tersebut.

SK dosen Inpassing ini akan bepengaruh terhadap berbagai aspek terkait jabatan dosen yang mereka emban. Para dosen tetap Yayasan Daarul Qur’an pada penempatan di Idaqu ini akan mendapat pembayaran dan tunjangan serta perlakuan yang sama dengan dosen PNS. Selain itu, SK ini juga berfungsi sebagai instrumen dalam penetapan masa jabatan dosen yang mereka jalani.

Capaian ini menjadi berkah untuk civitas akademik Idaqu di tengah pandemi yang masih melanda. Hal ini juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja para dosen untuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi kemaslahatan Indonesia dan dunia.