Giatkan Publikasi Dosen, Institut Daarul Qur’an gelar workshop penulisan dan publikasi ilmiah

Tugas dosen telah dijelaskan dalam tridharma perguruan tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam menjalankannya dosen mempunyai kewajiban untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dengan menulis publikasi ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional.

Prof. M. Zilal Hamzah, Ph.D

Demi meningkatkan publikasi karya ilmiah nasional dan Internasional bereputasi, Institut Daarul Qur’an menggelar Workshop dengan judul “Meningkatkan Profesionalisme Dosen melalui Penulisan dan Publikasi Ilmiah” pada Kamis 4 Februari 2021. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Institut Daarul Quran, Dr. M. Anwar Sani, S.Sos.I, Dan menghadirkan Prof. M. Zilal Hamzah, Ph.D selaku pembicara. Para peserta yang hadir terdiri dari dosen di lingkungan Institut Daarul Qur’an.

Rektor Institut Daarul Quran, Dr. M. Anwar Sani, S.Sos.I

Saat memaparkan materi, Prof. Zilal menjelaskan bahwa menulis artikel di jurnal bagi dosen adalah suatu keniscayaan. “Baik demi kepentingan pragmatis untuk kenaikan pangkat ataupun kewajiban akademis sebagai sebuah kultur dari seorang dosen”. Agar artikel yang dikirim layak dimuat di sebuah jurnal, Prof. Zilal memberikan beberapa tips dan trik diantaranya. “Calon penulis harus mengenali jurnal dan memahami gaya selingkungnya, di samping itu juga harus jeli untuk membaca dengan cermat terhadap artikel-artikel yang telah dimuat di jurnal tersebut,”. Artikel yang dikirim, juga harus memuat unsur kebaruan. Artinya, ada hal baru yang ditawarkan dari tulisan yang dikirim. “Dalam istilah jurnal hal ini disebut novelty”.

Prof. Zilal berharap setelah mengikuti workshop ini dosen mempunyai output artikel yang terpublikasi di jurnal internasional yang bereputasi.

Prof. M. Zilal Hamzah, Ph.D beserta peserta Workshop

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat dan produktivitas dosen dan akademisi di lingkungan Institut Daarul Quran dalam menulis artikel penelitian dengan kualitas yang baik sehingga dapat dipublikasikan di jurnal  nasional dan internasional bereputasi.