Jum’at (20/11), Institut Daarul Qur’an bersilaturahmi ke Universitas Ibn Khaldun (UIKA) di Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan silaturahmi kali ini juga sekaligus penandatanganan MoU antara kedua belah pihak yaitu Institut Daarul Qur’an dan Universitas Ibn Khaldun.

Pihak UIKA diwakili oleh Rektor Ibn Khaldun yaitu Dr. H.E. Mujahidin, M.Si. diiringi oleh Warek I UIKA Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah, M. Ag. dan juga Warek Bidang Kerjasama Dr. Budi Susetyo, Ir., M. Sc. Sedangkan pihak Institut Daarul Qur’an diwakili oleh Rektor Idaqu H. M. Anwar Sani, S.Sos. I., M.E., Warek I Marzuki, S.Kom., M. Si. dan Warek IV Rina Susanti Abidin Bahren, MA serta para Dekan dan Kaprodi Institut Daarul Qur’an.

Pihak Institut Daarul Qur’an dan Pihak Universitas Ibn Khaldun

MoU ini disambut baik oleh kedua belah pihak, karena dengan sinergi atau kerjasama ini akan sama-sama memberikan manfaat untuk masing-masing lembaga. Dalam hal ini, UIKA berkenan menjadi Pembina untuk Idaqu, dan akan memberikan pembinaan-pembinaan untuk kemajuan Idaqu.

Tujuan dari MoU ini adalah untuk mensinergikan potensi masing-masing pihak untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan pendidikan/ pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah. Selain itu, juga untuk meningkatkan pelaksanaan program-program nasional khususnya di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kuliah tamu, studi lanjut tenaga pendidik (dosen), seminar, kajian-kajian penelitian, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah.

Bidang-bidang yang akan disinergikan antara lain yaitu pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dakwah, seminar/ konferensi (nasional/ internasional), studi lanjut dengan sekolah Pascasarjana, Penerbitan, dan kerjasama lain yang disepakati kedua belah pihak.

Selanjutnya, MoU ini juga akan dilanjutkan dengan turunannya yaitu penandatanganan PKS antar prodi serta follow up di masing-masing bidang yang dikerjasamakan. Semoga dengan adanya MoU ini akan lebih merekatkan hubungan kedua belah pihak dan bisa saling bekerja sama dalam berbagai bidang untuk memajukan lembaga masing-masing. (Idaqu/Feny)

Komentar
Bagikan: