Al Quran of The Month

Institut Daarul Qurán (Idaqu) menghadirkan kembali Inspirasi Ramadhan (Irama) pada Jumat (1/5) dengan tema Al-Qurán in the Month of Al-Quran, Al-Qurán di Bulan Al-Qurán, dengan pembicara Ustadz Awfa Munawwar, S.Ud., M.Hum., dosen Ilmu Hadis Idaqu. Acara diawali dengan pembacaan surat Al-Baqarah ayat 183-186 oleh Ryan, mahasiswa Program Tahfizh Intensif Idaqu. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor Idaqu, Ustadz Anwar Sani.

Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Qurán. Ustadz Awfa menyebutkan ada 4 keutamaan Al-Qurán, yaitu: sebagai petunjuk dan cahaya; obat dan rahmat; sebagai syafaat; dan menjadi keluarga Allah. Begitu mulianya Al-Qurán, sehingga siapapun yang menjadi Ahlul Qurán akan menjadi keluarga Allah SWT. Siapa sajakah Ahlul Qurán itu? Yaitu orang-orang yang mengimani Al-Qur’an seutuhnya, membaca Al-Qurán dengan tartil, mentadaburi isi Al-Qurán, mengamalkan isi Al-Quran, dan mengajarkan serta mendakwahkan Al-Qurán. Ini adalah kewajiban kita terhadap Al-Qurán, bukan hanya membacanya, tapi juga mengimani, mentadaburi, mengamalkan, dan mengajarkannya, khususnya pada orang-orang terdekat di sekitar kita seperti pasangan, anak, keluarga maupun saudara kita.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang mengabaikan Al-Qur’an? Orang-orang yang mengabaikan Al-Qur’an akan Allah beri kesusahan dalam hidupnya, Allah beri kehampaan dalam hidupnya, dibangkitkan dalam keadaan buta, Al-Quran menjadi musuhnya di akhirat, serta akan digiring ke dalam neraka. Naudzubillahimindzalik.

Marilah kita manfaatkan Bulan Suci Ramadhan ini untuk semakin dekat dengan Al-Qurán. Siapa yang bersentuhan dengan Al-Qur’an akan menjadi mulia, entah itu karena mengimaninya, membacanya, mentadaburinya, mengamalkannya, ataupun mengajarkannya, apalagi melaksanakan semua kewajibannya terhadap Al-Qurán. Seorang ahli berpendapat, barangsiapa yang tidak mampu mengkhatamkan Al-Qurán satu kali saja selama bulan Ramadhan, maka kemungkinan besar ia tidak akan mampu mengkhatamkan Al-Qurán di bulan lain. Mari kita buat target agar bisa membaca dan mengkhatamkan Al-Qurán minimal satu kali saja selama bulan Ramadhan ini, karena belum tentu usia kita akan sampai di bulan Ramadhan berikutnya. (Idaqu/Nur Azmi Wiantina).

Lihat Inspirasi ramadhan Ustadz Awfa di You Tube melalui link berikut:

Komentar
Bagikan: